MENANAM PAPRIKA DALAM POT


Anda suka dengan paprika? Sayuran berbentuk bulat, warna hijau, merah dan kuning cerah ini bisa ditanam di dalam pot. Ketika berbuah, terlihat cantik pas untuk dijadikan sebagai tanaman hias.

Paprika masih merupakan satu famili dengan cabe besar, hanya berbeda varietas. Nama ilmiahnya tidak berbeda dengan nama ilmiah cabe besar, Capsicum annum. Karena bentuknya yang indah dan menarik inilah paprika bisa dijadikan tanaman hias dalam pot.

Pada dasarnya semua tanaman sayuran dapat ditanam di dalam pot, tidak terkecuali tanaman paprika. Meskipun kebanyakan pengusaha pertanian bertanam paprika memilih dataran tinggi untuk kebun produksinya karena hawanya yang sejuk membuat hasil dan produksinya maksimal. Tetapi bagi hobiis, bisa saja menanam beberapa pot paprika di dataran rendah.

Penanaman

Sebelum mananam paprika, pilihlah benih yang bermutu dan masa benih belum kadaluarsa, benih memiliki vigor (daya kecambah tinggi).

Kecambahkan benih dalam media tanah yang lembut. Bisa juga menggunakan cocopeat (serbuk sabut kelapa).

Cara menanam benih paprika dengan mencampurkan benih dengan tanah lembut atau pasir. Taburkan campuran benih dan tanah/pasir tersebut diatas tanah gembur dan subur dengan membuat alur dan tutuplah kembali dengan pasir atau tanah halus diatasnya. Letakkan di tempat yang teduh dan jaga agar kondisi selalu lembab. Siram menggunakan sprayer. 4 sampai 6 hari benih sudah berkecambah menjadi bibit.

Sementara menunggu bibit tumbuh besar, siapkan media tanam. Media berupa campuran pupuk kandang, kompos/bokashi dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Pupuk kandang berasal dari kotoran kambing atau bisa juga menggunakan kotoran ayam yang ditambah sekam padi agar lebih porus. Bisa juga menggunakan pupuk bokashi yang dicampur dengan tanah dengan perbandingan 3 : 1. Media dicampur rata kemudian dimasukkan ke dalam polybag.

Untuk transplanting atau pemindahan bibit ke dalam media tanam harus menunggu bibit berumur 30 hari . Tujuannya agar bibit kuat dan kemungkinan bibit tumbuhnya lebih besar. Transplanting lebih baik dilakukan pada sore hari karena suhu rendah atau tidak terlau panas sehingga bibit tidak layu karena respirasi yang tinggi.

Setelah ditanam, siram dan letakkan bibit di tempat yag teduh. Jika tanaman sudah segar, dapat dipindah di tempat terbuka.

Pemeliharaan

Perawatan dan pemeliharaan tanaman paprika dalam pot ternyata lebih efisien dan mudah. Di dalam pot, lingkungan mikro yaitu lingkungan disekitar tanaman lebih mudah dikendalikan. Misalkan jika tanaman kering, tinggal disiram. Tanaman tidak membutuhkan banyak air seperti jika menanam sayuran di lahan.

Penyiraman dilakukan rutin pada pagi dan sore hari. Tergantung keadaan cuaca. Jika keadaan cuaca mendung dan hujan, cukup sehari satu kali.

Dalam pemupukan, lebih mudah mengontrolnya. Pemupukan dapat dilakukan 20 hari setelah transplanting dan 20 hari sekali dilakukan pemupukan hingga tanaman siap panen. Pemupukan dapat menggunakan pupuk organik, misalnya pupuk kompos, pupuk bokashi, pupuk kandang dll. Bisa juga menggunakan pupuk kimia N-P-K. Untuk pot dengan diameter 15 cm bisa ditaburkan 10 butir. Pemupukan dilakukan setelah tanaman umur satu bulan. Selanjutnya rutin satu bulan sekali hingga tanaman berbuah.

Pemanenan

Bunga muncul setelah tanaman berusia 2,5 hingga 3 bulan. Bunganya kecil-kecil berwarna putih. Umur satu hari, bunga akan layu dan muncul bakal buah. Buah Paprika siap dipanen dan dipetik setelah 2 minggu dari bakal buah muncul. Tandanya buah berwarna merah, kuning atau hijau terang tergantung varietas.

Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit tanaman paprika sama dengan hama dan penyakit pada tanaman cabai. Antara lain, ulat pemakan daun dan buah, pengendaliannya cukup secara mekanis atau manual. Dapat juga dikendalikan dengan menggunakan pestisida buatan. Resep membuat insektisida buatan/herbal. Bahan, 3 siung bawang putih ditumbuk dan dicampur dengan 1 cangkir air tembakau. Cara penggunaan/ aplikasi, bahan yang sudah dicampur tadi ditambahkan dengan 15 liter air lalu disemprotkan pada daun atau buah yang ada ulatnya. Niscaya ulat akan kabur dan tidak akan mau makan tanaman paprika.

Trips pada tanaman paprika sangat sulit pengendaliannya. Ciri tanaman terserang trips, daun dan pucuk tanaman keriput karena cairan tanaman dihisap oleh hama ini. Jika tanaman sudah terserang tetapi belum parah, bagian yang terkena dipotong/dipetik dan dibuang jauh dari tanaman. Tetapi jika sudah parah, maka lebih baik tanaman yang terserang dibuang dan diganti dengan tanaman baru yang sehat dan media pun harus diganti.

46 komentar:

  1. Balasan
    1. Kalau di tempat saya di tarakan harga paprika bisa mencapai 100rbu untuk satu kgnya

      Hapus
    2. Kalau di daerah sy Timika-Tembagapura Paprika Hijau 2 Buah Rp.37.000, - Rp.40.000,-...dan yg Kuning 2 Buah Rp. 42.000,- 47.000,... dan yg Merah 2 Buah Rp. 62.000 - 65.000,-

      Hapus
  2. jenis paparika apa yang paling baik kualitasnya dan enak rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sy semua Paprika Enak rasanya...apalagi Yg Merah... agak manis

      Hapus
  3. saya pingin coba tanam.. tp dmn harus beli benihnya..?
    tlng infonya

    BalasHapus
  4. Paprika bs ditanam dr biji..beli paprika mentah dan ambil bijinya

    BalasHapus
  5. Apa paprika bisa tumbuh dg baik jika di tanam d daerah sprt kalimantan yg suhunya panas ??...

    BalasHapus
  6. Saya pernah coba menanam di Kalimntan Selatan, Alhamdulillah tumbuh dengan baik dan berbuah.

    BalasHapus
  7. saya beli paprika 1 biji nya 14.000 rupiah,,Ada juga yang perkilo nya 60.000rupiah, saya ambil biji nya dan coba di keringin ,,Paprika Hijau jangan di beli kalo buat bibit sebaik nya beli yang kining atau merah...

    BalasHapus
  8. harga paprika yg hijau paling kecil skrg 5000an perbiji, merah 11.000an,kuning agak besar16.000an,mksh infonya ,akan sy coba tanam dari biji krn tdk tahu harus beli di mana benihnya

    BalasHapus
  9. Tanam paprika....iseng2 aja.....lumayan buat konsumsi rumahtangga......

    BalasHapus
  10. Saya tanam paprika dalam polybag, umur 1 minggu sudah mulai subur, tapi kemudian diceker ceker ayam yg mau bertelur jadi rusak semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh di infokan cara tanam dan pupuk yg di pakai,makasi sebelumnya.. :)

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. saya jual bibit paprika merah dan kuning ukuran 3 cm sudah 4 daun
    lokasi yogyakarta

    BalasHapus
  14. saya jual bibit paprika merah dan kuning ukuran 3 cm sudah 4 daun
    lokasi yogyakarta

    BalasHapus
  15. Didaerah malang hrg paprika merah dan kuning 35000 rb/kg

    BalasHapus
  16. Mau coba tanam benih sdh siap

    BalasHapus
  17. Mau coba tanam benih sdh siap

    BalasHapus
  18. Mau coba tanam benih sdh siap

    BalasHapus
  19. Kalo maucari bibit paprika lengkap import atau lokal di jogja itu di toko Subur Wirobrajan (kira2 perempatan klitian ke arah jalan wates 50 meter kanan jalan), kemaren ane beli bibit Mr. Fothergill's yang jenis paprikanya Sweet California Wonder (merah dan hijau) kalo yang ada kuningnya ane nggak suka warnanya, disana juga lengkap bibit tanaman import lainnya, pralatan pertanian, media dan obat2an tanaman lengkap gan

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Kalo maucari bibit paprika lengkap import atau lokal di jogja itu di toko Subur Wirobrajan (kira2 perempatan klitian ke arah jalan wates 50 meter kanan jalan), kemaren ane beli bibit Mr. Fothergill's yang jenis paprikanya Sweet California Wonder (merah dan hijau) kalo yang ada kuningnya ane nggak suka warnanya, disana juga lengkap bibit tanaman import lainnya, pralatan pertanian, media dan obat2an tanaman lengkap gan

    BalasHapus
  22. Harga bibitnya yang sweet california wonder isi 150 biji Rp 37 ribu, ane juga kemarin beli bibit melon sakata glamoure Rp 67 ribu, selisih jauh jika beli online. Lebih murah 20 - 30 ribuan

    BalasHapus
  23. Saya berhasil menanam paprika di media pot, ada 2 pohon masing2 berbuah 2 buah paprika merah

    BalasHapus
  24. Saya berhasil menanam paprika di media pot, ada 2 pohon masing2 berbuah 2 buah paprika merah

    BalasHapus
  25. klo d daerah bogor nyari bibit nya dmn ya?

    BalasHapus
  26. klo d daerah bogor nyari bibit nya dmn ya?

    BalasHapus
  27. Pengin bljr cara menanmNya bs minta no telp biar bs ty"

    BalasHapus
  28. kadang saya sering memasak mengunakan paprika , dan bijinya saya buang di dalam pot tanaman .. beberapa minggu kemudian tumbuh tunas tunas yang cukup banyak dari biji paprika yang saya buang , kira kita ukuran tunas pohon paprika itu sekitar 2 - 3 cm .. saat itu saya berusaha memindahkannya ke pot lain tapidari banyak bibit muda paprika yang saya pindahkan hanya beberapa yang dapat bertahan ..

    pertanyaannya bagai mana sebaiknya menjaga agar bibit muda itu dapat tumbuh dengan baik ?
    sekarang di rumah saya baru ada 4 pohon paprika 1 pohon sudah cukup tinggi sekitar hampir 50 cm dan sisanya sekitar 20- 30 cm . dan saya gantung di depan rumah saya . apa kah harus saya pindahkan ke tempat yang teduh ?
    kira kira pohon yang ber umur 2.5 - 3 bulan mempunyai tinggi rata2 berapa cm/ meter ya ?
    mohon bantuannya karna saya sangat senang jika bisa merawat pohon paprika yang ada di runah saya .. ^_^
    terimakasih..

    BalasHapus
  29. Saya juga mencoba tanam paprika merah dri biji...doakan berhasil..msalahnya masih belajar...

    BalasHapus
  30. Saya juga mencoba tanam paprika merah dri biji...doakan berhasil..msalahnya masih belajar...

    BalasHapus
  31. Bibit paprika saya sudah tumbuh subur dan daunnya bagus, teapi setiap kali berbunga selalu rontok dan tidak jadi buah, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi itu kurang kalium. Coba pke pupuk organik yang mengandung kalium, contoh urine kelinci atau cocopeat

      Hapus
  32. Bibit paprika saya sudah tumbuh subur dan daunnya bagus, teapi setiap kali berbunga selalu rontok dan tidak jadi buah, kenapa ya?

    BalasHapus
  33. apakah Paprika Bisa Tumbuh di Iklim Tropis Seperti di tmpat saya Kalimantan Timur ..

    BalasHapus
  34. bagai mana cara tanam paprika di tempat terbuka,,serpti kebun atau ladang,,,,dan jenis apa aja tuk pupuk paprika,,?

    BalasHapus
  35. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya,Raih Rp.7 Juta dalam 7 hari hanya dengan mengkampanyekan menanam pohon secara online
    http://goo.gl/GceX9Y

    BalasHapus
  36. saya sedang merawat tanaman paprika hanya 2 pohon sih,hanya mencoba saja
    karna benihnya saya ambil waktu saya masak paprika yg merah,lalu bijinya yg masih fresh saya letakkan dalam pot,akhirnya tumbuh semua banyak banget,tapi kekurangan pot jadi saya hnya bisa menanam 2 pohon saja dlam pot,baru 2 bulan bunganya sudah muncul pohonnya juga subur

    BalasHapus
  37. Bagaimana cara penaburan pupuk NPK? Ditanam di dalam tanah atau ditabur gitu aja?

    BalasHapus
  38. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan biotan untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus